Kerjasama Dalam Negeri

Kerjasama Dalam Negeri

Dukung UTBK-SBMPTN Tahun 2022, ISBI Bandung Siapkan 910 Unit Komputer Per Hari

Dukung UTBK-SBMPTN Tahun 2022, ISBI Bandung Siapkan 910 Unit Komputer Per Hari
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung pada tahun 2022 ini kembali akan melaksanakan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ini merupakan kali ke 4 ISBI Bandung dipercaya untuk menjadi Pusat UTBK di Jawa Barat. Tahun ini UTBK-SBMPTN akan dilakukan dalam 2 Gelombang: 17 – 23 Mei 2022 (Gelombang I) dan 28 Mei – 03 Juni 2022 (Gelombang II).

PTN Pusat UTBK ISBI Bandung pun mendapatkan dukungan kemitraan dari perguruan tinggi dan lembaga pendidikan lain dalam penyelenggaraan kegiatan ini. ISBI Bandung kembali menggandeng mitra UTBK SBMPTN Tahun 2021 yakni SMAN 11 Bandung, SMKN 3 Bandung dan SMKN 4 Bandung. Disamping itu ISBI Bandung juga mengajak mitra baru yaitu Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) untuk ikut menjadi bagian dari pelaksanaan UTBK SBMPTN Tahun 2022. Hal ini menjadikan ISBI Bandung dapat menyediakan 910 unit komputer per harinya.

Kemitraan ini juga telah resmi berjalan sejak ditandatanganinya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara ISBI Bandung sebagai PTN Pusat UTBK dengan para mitra UTBK Tahun 2022 kemarin, Jumat (01/04/2022) di Grand Hotel Preanger, Bandung. Acara ini dihadiri oleh Rektor ISBI Bandung, Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum, bersama Panitia PTN Pusat UTBK ISBI Bandung Prof. Dr. Arthur Supardan Nalan, S.Sen, M.Hum selaku Ketua , Indra Ridwan, S.Sos., M.Sn., M.A., Ph.D. sebagai Sekretaris dan  Hikmaningtias Maharani, S.T., M.Kom. sebagai Koordinator Lapangan. Sedang dari mitra yang hadir adalah  Ketua STTB Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. bersama Wakil Ketua 4 Indra Julias, S.Kom., Kepala SMAN 11 Bandung Drs. H. Suparman, M.M.Pd., Kepala SMKN 3 Bandung Drs. Agung Indaryatno, M.Pd, dan Kepala Sekolah SMKN 4 Bandung yang diwakili oleh Kepala ICT Offy Sholehatun, M.Kom.

“Kami sangat bersyukur sekali, ISBI Bandung untuk ke empat kalinya dipercaya untuk menjadi Pusat UTBK, kalau dulu memang sebelumnya kita bergabung dengan pusatnya itu di ITB,” ucap Prof. Een.

Beliau juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada para mitra yang bersedia ikut serta dalam kegiatan ini sehingga ISBI Bandung tercatat sebagai perguruan tinggi seni yang paling banyak menyediakan komputer ujian untuk UTBK Tahun 2022 dari seluruh perguruan tinggi seni di Indonesia.

Dukung UTBK-SBMPTN Tahun 2022, ISBI Bandung Siapkan 910 Unit Komputer Per Hari Dukung UTBK-SBMPTN Tahun 2022, ISBI Bandung Siapkan 910 Unit Komputer Per Hari

Dukung UTBK-SBMPTN Tahun 2022, ISBI Bandung Siapkan 910 Unit Komputer Per Hari Dukung UTBK-SBMPTN Tahun 2022, ISBI Bandung Siapkan 910 Unit Komputer Per Hari

Senada dengan Prof. Een, Prof. Arthur juga menyampaikan bahwa ISBI Bandung dapat membangun kepercayaan terutama dari LTMPT Pusat dan dapat menyelenggarakan UTBK-SBMPTN dengan lancar pada tahun-tahun sebelumnya, tidak terlepas dari peran serta bantuan para mitra UTBK.

Dari segi pelaksanaan UTBK-SBMPTN pada tahun-tahun sebelumnya tentu tak luput dari tantangan walaupun berupa perihal teknis yang tentunya perlu diperbaiki pada pelaksanaan berikutnya. Menurut beliau tantangan-tantangan tersebut dapat tersolusikan dengan komunikasi yang terjalin dengan baik dan keterbukaan antara seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan hingga pelaksanaan UTBK Tahun 2022.

“Tentu saja penandatanganan ini menjadi bukti bahwa kita bermitra, mudah-mudahan kepercayaan Bapak/Ibu kepada ISBI Bandung semakin baik gitu ya, juga kepada mitra baru, mudah-mudahan ini juga memberikan harapan bersama,” harapnya.

Dukung UTBK-SBMPTN Tahun 2022, ISBI Bandung Siapkan 910 Unit Komputer Per Hari

Jadi Para Pejuang SBMPTN Tahun 2022, dimanapun perguruan tinggi negeri yang dipilih, jadikanlah ISBI Bandung sebagai lokasi pelaksanaan UTBK kalian. ISBI Bandung siap dukung dan menjadi bagian dari kesuksesan Pejuang SBMPTN dalam raih cita-cita.

 

Penampilan ISBI Bandung meriahkan Puncak Peringatan HPN 2022 Jawa Barat

Penampilan ISBI Bandung meriahkan Puncak Peringatan HPN  2022 Jawa Barat
Penampilan ISBI Bandung meriahkan Puncak Peringatan HPN 2022 Jawa Barat

Rabu (23/03/2022) Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung mendapatkan kehormatan menjadi pengisi acara puncak peringatan Hari Pers Nasional 2022 Tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Grand Sunshine, Soreang, Jawa Barat. ISBI Bandung menyajikan Tarian Rampak Kendang Wanoja yang dibawakan oleh para mahasiswa dari Program Studi Seni Tari dengan iringan musik yang dialunkan oleh para mahasiswa dari Program Studi Seni Karawitan. Tarian ini merupakan penampilan para penari wanita atau wanoja yang menabuh kendang sekaligus menari dengan gerak yang ritmis dan enerjik.

Penampilan ISBI Bandung meriahkan Puncak Peringatan HPN  2022 Jawa Barat Penampilan ISBI Bandung meriahkan Puncak Peringatan HPN  2022 Jawa Barat

Penampilan ISBI Bandung meriahkan Puncak Peringatan HPN  2022 Jawa Barat
Tidak hanya itu saja, ISBI Bandung juga menyuguhkan tari pergaulan yakni Tari Cikeruhan yang menunjukkan kelincahan seorang ronggeng dan kepiawaian seorang pamogor dalam memainkan senjata bedog dengan gerak silat dan ketuk tilu. Tarian berpasangan ini dibawakan oleh Deri Al Badri, M.Sn dan Nur Fitriyani Padjriah, M.Sn. Kedua penampilan tersebut berhasil menarik perhatian para tamu undangan dan memeriahkan suasana acara puncak peringatan. 

Ketua Panitia HPN PWI Jabar 2022, Bapak Tantan Sulton Bukhawan, mengucapkan terima kasih atas dukungan ISBI Bandung sehingga acara puncak dapat berjalan sukses. Beliau mengungkapkan bahwa penampilan ISBI Bandung menuai banyak apresiasi dari para wartawan yang hadir.
"Maju terus ISBI Bandung! Kembangkan seni, jaga kelestarian budaya. Terima kasih!" tuturnya.
Hal yang senada juga disampaikan oleh Stage Manager HPN PWI Jabar 2022. Ia mengutarakan bahwa penampilan ISBI Bandung pada malam puncak sangatlah memukau.
"Terus terang, jika tidak ada teman-teman dari ISBI Bandung, acara ini terasa kurang meriah," imbuhnya.
Acara puncak peringatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Bapak H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E., Bapak Atal S. Depari selaku Ketua PWI Pusat, Bapak Hilman Hidayat selaku Ketua PWI Jawa Barat, dan tamu-tamu kehormatan PWI Jawa Barat lainnya.
Penampilan ISBI Bandung meriahkan Puncak Peringatan HPN  2022 Jawa Barat
"Lahirnya media-media dengan digitalisasi dan yang lainnya, harapan kami, apa yang disampaikan awak media dan insan pers Jawa Barat tetap adalah kebenaran, tetap adalah hal yang membuat kemaslahatan, membuat kemanfaatan, yang akurat dan tidak berbohong sehingga hadirnya pers membawa kemaslahatan untuk kebaikan kita semua," pesan Pak Uu dalam sambutannya.
Bapak Tantan S.B menyampaikan bahwa acara Peringatan HPN 2022 digelar sejak bulan Febuari. Selain mengirimkan perwakilan dari Jawa Barat untuk mengikuti acara Puncak Peringatah HPN 2022 Nasional di Kendari, PWI Jawa Barat juga menggelar beberapa rangkaian kegiatan yakni donor darah, bantuan sosial dari PWI Peduli Jawa Barat, lomba karya jurnalistik, lomba video kreatif yang juga diikuti dari beberapa daerah, lomba menyanyi pop sunda yang diikuti oleh ibu-ibu IKWI Jawa Barat dan Konferensi Kerja PWI Jawa Barat yang menghasilkan rekomendasi program kerja PWI Jawa Barat.
Melalui pidatonya, Bapak Hilman Hidayat melaporkan bahwa pertumbuhan anggota PWI meningkat dengan pesat. Saat ini, yang menjadi wartawan semakin banyak. Hal ini didorong oleh hadirnya teknologi yang kian mutakhir yang membuka berbagai peluang dan memberikan ruang media lebih luas bagi banyak orang. Namun dari sekian banyaknya wartawan yang ada, mereka yang sudah lulus berdasarkan uji kompetensi wartawan-lah yang dapat menciptakan konten yang unggul dan kredibel.
Pada malam puncak ini juga diumumkan para peraih anugerah diantaranya para tokoh dan insan pers atas karya dan dedikasinya, para mitra strategis Jawa Barat, para ajen Pangaping serta penghargaan lainnya yang diberikan kepada putera puteri terbaik Jawa Barat. Acara diakhiri dengan peluncuran uji kompetensi wartawan yang merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan PWI Jawa Barat.

Salam Budaya!!

#HPN2022
#HPNPWIJabar
#RampakKendang
#SeniTariISBIBandung
#SeniKarawitanISBIBandung
#FakultasSeniPertunjukkanISBIBandung
#FSPISBIBandung
#ISBIBandung
#KampusMerdeka
#MerdekaBelajar
#CentreOfCreativityBasedOnCulturalZone

Intibios dan ISBI Bandung Jalin Komitmen dalam Kerjasama Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan

Intibios dan ISBI Bandung Jalin Komitmen dalam Kerjasama Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Intibios dan ISBI Bandung Jalin Komitmen dalam Kerjasama Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan

Bertepatan dengan Pembukaan Intibios Bandung yang diresmikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si pada hari Selasa(15/03/22) di el Hotel Royale Bandung, Intibios juga menggandeng ISBI Bandung untuk bekerjasama dalam Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan yang tertuang dalam PKS yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT. Intibios Makmur Indonesia Sehat Rio Abdurachman Podungge dengan Rektor ISBI Bandung Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum yang disakasikan oleh Menpora RI. 

Intibios merupakan perusahaan yang bergerak di bidang aktivitas klinik swasta dan pelayanan penunjang kesehatan laboratorium medis yang dikenal dengan nama "Intibios, Klinik, Lab & Farmasi"

Ruang lingkup perjanjian meliputi a) Penyuluhan Kesehatan; b) Pemeriksaan dan konsultasi kesehatan dengan tenaga ahli kesehatan profesional; c) Pemberian Therap; d) Imunisasi dan Vaksinasi; e) Medical Check Up; f) Rapid Test Antigen SARS Cov-2 dan Real Time PCR Test. Penerima layanan kesehatan ini dapat berlaku untuk karyawan dan keluarga di seluruh lokasi jejaring yang dimiliki Intibios dan afiliasinya. Terdapat diskon/potongan harga sebesar 30% untuk setiap pelayanan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan. Kerjasama ini berlaku selama 1 tahun dan akan diperpanjang setiap tahunnya sesuai kesepakatan kedua belah pihak. 

Rektor ISBI Bandung menyambut baik penandatanganan PKS tersebut, beliau menyatakan Intibios merupakan wujud komitmen anak bangsa untuk ikut memberikan solusi atas tantangan di bidang kesehatan yang tengah dihadapi Indonesia. Intibios juga concern terhadap kesehatan perempuan, pengobatan yang sebelumnya hanya bisa dilakukan di Singapura sekarang bisa dilakukan di Bandung. ISBI Bandung dengan adanya kerjasama ini mendapatkan keringanan biaya pemeriksaan kesehatan di Intibios berupa potongan harga sebesar 30% kepada seluruh civitas akademika ISBI Bandung dan keluarganya.

Pada kesempatan tersebut Menpora menyampaikan harapannya yang menginginkan Indonesia dapat terbebas dari Pandemi Covid19. Intibios memiliki peranan yang sangat besar dalam mendukung Indonesia Sehat Indonesia Kuat. Perhelatan ajang olahraga di bumi pertiwi salah satunya MotoGP di sirkuit Mandalika merupakan suatu keoptimisan dan membangkitkan harapan bagi seluruh rakyat Indonesia

#ISBIBandung
#KampusMerdeka
#MerdekaBelajar
#CentreofCreativityBasedonCulturalZone

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara