Kerjasama Dalam Negeri

 
  
Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Antara Institut Seni Budaya Indonesia Bandung dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi
Kamis (27/02/2020) Dalam upaya melanjutkan peningkatan kompetensi sumber daya manusia, inovasi dan inkubator bisnis, pengembangan ekonomi lokal, pemberdayaan masyarakat, penelitian dan pengembangan bidang seni dan budaya Kota Cimahi, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung melakukan perpanjangan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi kemarin (26/02/2020) pada acara Penandatanganan Kerjasama dan Kick-Off Pelaksanaan Kelitbangan Kota Cimahi Tahun 2020 yang bertempat di Aula Gedung A Pemerintah Daerah Kota Cimahi, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah, Blok Jati, Cihanjuang, Cimahi. Nota Kesepahaman ini ditandatangi oleh Wali Kota Cimahi Ir. H. Ajay Muhammad Priatna, M.M. dan Rektor ISBI Bandung yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama Dr. Suhendi Afryanto, S.Kar., M.M.


Pada Kesempatan yang sama, Fakultas Seni Pertunjukan (FSP) ISBI Bandung juga melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintahan Kota Cimahi tentang Pendampingan Penelitian Partisipatif Seni Pertunjukan Kampung Wisata Cireundeu Kota Cimahi. Perjanjian Kerjasama ini ditandatangani oleh Kepala Bappeda Kota Cimahi Dr. Huzen Rachmadi, A.Md.Stat., S.E., M.Kes. dan Dekan FSP ISBI Bandung Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn. Pada tahun 2019, FSP ISBI Bandung juga sudah melakukan perjanjian kerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kota Cimahi tentang Pembinaan dan Peningkatan Kemampuan Seniman di Kota Cimahi. Ini juga menjadi salah satu langkah ISBI Bandung dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara ini juga dihadiri oleh Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jawa Barat Drs. Djaja Lalana, M.Si., Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung Prof. Dr. H. Suyatno, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Riset Dan Inovasi Universitas Padjadjaran Prof. Dr.Ir. Hendarmawan, M.Sc., Kepala Bidang Program Pelayanan kepada Masyarakat Institut Pertanian Bogor Dr. Prayoga Suryadarma, S.T.P., M.T.


Dr. Suhendi Afryanto, S.Kar., MM. , Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi dan Kerjasama ISBI Bandung pada sambutannya mengungkapkan rasa bahagia yang tidak terhingga dikarenakan realisasi dari MOU ISBI Bandung dengan Pemerintah Daerah Kota Cimahi Tahun 2019 sudah konkrit dengan terlaksana KKN di Kampung Cireundeu yang mengupayakan menggali potensi yang bisa dikembangkan untuk kepentingan kepariwisataan.
“Kami mencoba untuk mendirikan semacam pusat aktivitas kesenian yang bersinergi dengan tokoh-tokoh masyarakat dan sekarang di Kampung Cireundeu sudah memiliki pusat kesenian yang dinamakan dengan Bale Rancage”, tuturnya. Ia juga menyebutkan bahwa ISBI Bandung pada tahun ini akan mempetakan potensi yang ada menjadi produk-produk yang sangat khas dari Kampung Cirendeu yang tidak hanya sebatas pada desain kemasan dan lain sebagainya namun dikarenakan akan dikomandoi oleh Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung maka akan membentuk potensi-potensi tersebut menjadi seni pertunjukkan khas dari Kota Cimahi. 

Walikota Cimahi Ir. H. Ajay Muhammad Priatna, M.M. ketika memberikan kata sambutan berharap hasil dari kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dapat mewujudkan cita-cita Pemerintah Daerah Kota Cimahi yang bermanfaat bagi masyarakatnya. “Pastinya hasil dari penandatanganan perjanjian kerjasama ini yang kami harapkan bisa membangun komunikasi dalam penyusunan kebijakan pembangunan Kota Cimahi. Kami mempunyai cita-cita bahwa pemerintahan kami ini harus ada, harus hadir dan harus bersama secara manfaat untuk masyarakat Kota Cimahi dan ini akan didukung oleh para ahli di bidang masing-masing dari berbagai perguruan tinggi yang hadir di sini,” ujarnya.
“Pemerintah Kota Cimahi yang didampingi oleh Badan Litbang Kemendagri akan mengadakan kompetisi inovasi antar SKPD dan per program inovasi yang bertujuan akan melahirkan inovasi-inovasi baru yang berguna bagi masyarakat Kota Cimahi dalam mendapatkan haknya”, imbuhnya.

Dalam penyampaian laporan penyelenggaraan dan pemaparan tentang kerjasama penelitian dan pengembangan, Kepala Bappeda Kota Cimahi menyebutkan tujuan diadakannya kerjasama Kelitbangan Pemerintah Daerah Kota Cimahi dengan perguruan tinggi ialah dalam rangka pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi.  Ia juga menyampaikan pilot project Kelitbangan Kota Cimahi yaitu pengembangan seni pertunjukan Kampung Wisata Cireundeu Kelurahan Leuwigajah bersama dengan ISBI Bandung, Pengembangan agro-forestry (Durian Kamajaya, Tanaman Herbal, Bunga Matahari dan ternak lebah Trygona) di 2 lokasi yakni Kelurahan Cibeber dan Bojong Jawa dan penanganan sampah organic dan pengembangan larva (maggot) BSF di Kelurahan Padasuka.
Pada tahun 2019 yang lalu Kota Cimahi mendapatkan beberapa penghargaan terkait dengan urusan Kelitbangan antara lain Juara I Budhipraja kategori Kota dengan indeks Daya Saing Tertinggi di Indonesia dari Kemenristekdikti, TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari KemenPanRB dengan inovasi Gastrodiplomacy Cireundeu dan Peringkat 5 Kota dengan Indeks Inovasi Tertinggi di Indonesia dari Kemendagri.
“Kami sangat berharap dengan diselenggaranya kerjasama antara Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Jawa Barat dengan Kota Cimahi serta dengan perangkat daerah lainnya dapat termotivasi untuk penyelenggaraan kolaborasi sehingga pada akhirnya dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin” ucap Sekretaris BP2D Provinsi Jawa Barat Drs. Djaja Lalana, M.Si. pada sambutannya yang mewakili Plt. Kepala BP2D Provinsi Jawa Barat.

Pada momen yang sama, Pemerintah Daerah Kota Cimahi juga melakukan pernyataan komitmen dengan BP2D Provinsi Jawa Barat, menandatangani Nota Kesepahaman dengan sejumlah perguruan tinggi lainnya yakni Univeristas Padjadjaran , Institut Pertanian Bogor dan Universitas Muhammadiyah Bandung. Sedangkan Bappeda Pemerintahan Kota Cimahi juga menandatangi Perjanjian Kerjasama dengan fakultas dari beberapa perguruan tinggi yaitu Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Bandung, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani, Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran dan Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Katolik Parahyangan dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Pertanian Bogor.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara