Berita ISBI Bandung


Berkat perolehan predikat Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung melakukan evaluasi yang dilaksanakan pada kegiatan Sosialisasi Penguatan Keterbukaan Informasi Publik serta Peningkatan Peran dan Fungsi Bidang Kerja Sama dan Humas. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (02/12/21) di FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung, Metro Indah Mall, Jl. Soekarno-Hatta No.590, Sekejati, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat. Dengan dipandu MC Hikmaningtias Maharani, S.T., M.Kom., kegiatan tersebut dimulai pukul 08.30 hingga 15.00 WIB. 


Seperti yang diketahui, ISBI Bandung pada tahun 2020 hanya memperoleh predikat “Menuju Informatif” dan berkat kerja keras Tim PPID beserta Civitas Akademika yang terlibat, tahun ini ISBI Bandung memperoleh predikat “Informatif”. Hal ini menjadi suatu kebanggaan bagi ISBI Bandung, pasalnya prestasi ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

Prof. Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. selaku Rektor ISBI Bandung pada pidato sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Tim PPID dan jajarannya yang telah mengerahkan segala kemampuannya untuk mencapai prestasi ini.


“Hal ini menjadi prestasi bagi kita semua yang selalu semangat meningkatkan inovasi-inovasi dan pelayanan publik bagi masyarakat. Tentu saja ini perlu kita syukuri bersama dan harus mempertahankan prestasi ini agar tahun depan tidak mengalami penurunan,” tambah wanita yang kerap disapa Prof Een. 

Ia juga mengatakan bahwa fungsi Humas dalam perguruan tinggi begitu penting karena unit kerja tersebut menjadi garda terdepan untuk memperlihatkan bagaimana ISBI Bandung di mata publik. Maka dari itu, perlu adanya dukungan dari unit kerja lainnya.  

Dalam kegiatan ini, 4 Narasumber dihadirkan untuk memberikan panduan mengenai kiat-kiat penguatan keterbukaan informasi publik serta peningkatan peran dan fungsi Bidang Kerja Sama dan Humas. Narasumber pertama adalah Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat RI, Agus Wijayanto Nugroho. Pada hari itu, ia hadir mewakili Komisioner Komisi Informasi Pusat, Cecep Suryadi, S.Sos., M.E. yang berhalangan hadir baik secara luring maupun daring. Materi yang ia bawakan adalah mengenai “Garis Besar Peraturan Komisi Informasi Informasi Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Informasi Publik”. 


“Standar Layanan Informasi Publik yang berlaku pada tahun 2020 telah dirubah. Secara regulasi tidak berubah namun kita harus mengikuti situasi di masyarakat,” ungkapnya.

Agus Wijayanto menjelaskan mengenai Konsideran dan Dasar Hukum, Materi Perubahan, Ketentuan Umum, Penegasan Hak dan Kewajiban Badan Publik, Kelembagaan PPID, dan Klasifikasi Informasi.

Dalam usaha membangun reputasi suatu lembaga, media memiliki peran penting di dalamnya. Melalui media, reputasi, support, dan jaringan bagi suatu lembaga terbangun. Pada sosialisasi ini, ISBI Bandung menghadirkan narasumber lainnya yang memiliki wawasan dalam dunia permediaan, ia adalah Ivan Kurnia. Ia merupakan seorang MC/Moderator/TV Presenter/Model/Actor/Former TV Journalist. Generasi millennial mungkin tidak asing dengan wajahnya yang kerap kali muncul di Televisi sebagai Penyiar Berita.

 
Pada kesempatan tersebut, ia menjelaskan materi mengenai “Kolaborasi Media dan Perguruan Tinggi dalam Rangka Diseminasi Informasi”. 

“Branding perguruan tinggi tidak dapat dilakukan sendiri, dibutuhkan media untuk membantu mepermudah dan mempercepat penyampaian informasi kepada publik/masyarakat, demi tercapainya brand image yang diharapkan,” pungkasnya.  

Selain Ivan Kurnia, hadir pula narasumber Meylani, M.Sc. selaku Pranata Humas Ahli Muda Kementerian Kominfo dan Ketua Ikatan Pranata Humas 2020-2021. Materi yang ia paparkan adalah mengenai “Peningkatan Kinerja Humas ISBI Bandung”. 


Pada pemaparannya, ia menjelaskan mengenai Peran Humas di PTN, Penguatan Branding ISBI Bandung, Aset Layanan Informasi ISBI Bandung, Strategi Komunikasi, dan Social Media Planning. 

“Untuk optimalisasi sosial media ISBI Bandung, beberapa yang harus diperhatikan diantaranya adalah caption postingan yang menggunakan Call to Action, memvariasikan konten seperti videografis dan quiz, melibatkan mahasiswa dalam pembuatan konten, menonjolkan tokoh-tokoh berpengaruh, dan pengelolaan Twitter dan kanal lain sesuai karakteristiknya,” katanya. 

Sebelum memasuki pemateri ketiga, terdapat sesi pemberian penghargaan kepada fakultas-fakultas yang memelihara websitenya sehingga menampilkan informasi-informasi publik yang dibutuhkan civitas akademika maupun masyarakat. Keputusan tersebut berdasarkan hasil voting dari Pimpinan yang terdiri dari Rektor dan Wakil Rektor dengan mekanisme penilaian berdasarkan urutan web yang paling informatif merujuk pada konten dan fitur yang disediakan oleh fakultas. 

   
Berikut adalah daftar pemenang website fakultas terinformatif:
1. Fakultas Budaya dan Media (https://fbm.isbi.ac.id)
2. Fakultas Seni Rupa dan Desain (https://fsrd.isbi.ac.id)
3. Pascasarjana (https://pasca.isbi.ac.id)
4. Fakultas Seni Pertunjukan (https://fsp.isbi.ac.id)


Setelah proses pemberian penghargaan berakhir, terdapat pemaparan dari narasumber terakhir yaitu Firman Hidayat, S.S., M.Si. yang menjabat sebagai Sub Koordinator Kerja Sama Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Materi yang ia paparkan adalah tentang “Optimalisasi Kerja Sama dan Persiapan Menuju Anugerah Kerja Sama Tahun 2022”.

“Untuk Kampus Merdeka-Merdeka Belajar, di Kementerian ada 2 Indikator kinerja utama untuk mengukur kerja sama. Yang pertama yaitu Perguruan Tinggi bekerja sama dengan mitra baik dalam maupun luar negeri. Targetnya adalah 1050 PT yang mengadakan kerja sama,” jelasnya.

Selanjutnya, ia menjelaskan mengenai pengelolaan dan sistem pelaporan kerja sama.  

 
 

Sebelum kegiatan sosialisasi ini ditutup, MC Hikmaningtias menjelaskan mengenai produk kehumasan bidang Kerja Sama dan Humas ISBI Bandung yang diantaranya adalah Virtual Background, Template PowerPoint, Cover Laporan, Virtual Background Video, dan E-Magazine: Kaca Trenggana. Semua produk tersebut telah diunggah ke website https://isbi.ac.id yang terletak di halaman utama dan dapat diunduh civitas akademika maupun masyarakat.


Sebagai penutup kegiatan ini, Dr. Suhendi Afryanto, S.Kar., MM selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Kerja Sama ISBI Bandung menyampaikan bahwa ISBI Bandung semakin tahun semakin meningkat dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. Menurutnya, pencapaian ini adalah hasil dari kolaborasi antara seluruh civitas akademika ISBI Bandung yang telah berusaha maksimal untuk meningkatkan prestasi. 

“Marilah kita coba terus tingkatkan kinerja kita terlebih dalam keterbukaan informasi publik karena semakin terbuka informasi dengan koridor yang benar maka semakin menunjukkan kualitas kinerja kita,” tambahnya.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara