Tingkatkan Pelayanan Informasi, Tim PPID ISBI Bandung Lakukan Benchmarking ke Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang
- Written by Humas ISBI Bandung
- Published in Berita ISBI Bandung
- Hits: 292
- Print, Email
Salah satu fungsi dari Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung adalah untuk memberikan pelayanan informasi sebagai bentuk keterbukaan informasi terhadap publik. Seiring berjalannya waktu, inovasi harus terus dimunculkan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan kemajuan teknologi yang beragam. Untuk meningkatkan pelayanan informasi, pada 20, 21 Oktober 2022 Tim Kerja Sama dan Humas mewakili Tim PPID ISBI Bandung melakukan benchmarking ke 2 PTN yakni Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang yang berhasil meraih predikat ‘Informatif’ pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021. Hal ini menjadi tolak ukur bagi tim Kerja Sama dan Humas ISBI Bandung untuk belajar banyak hal dari 2 PTN tersebut.
Setiba di Malang pada 20 Oktober 2022, Tim Kerja Sama dan Humas langsung menuju ke Gedung Rektorat Universitas Brawijaya untuk dapat bertemu dengan Staff PPID UB. Tim Kerja Sama dan Humas disambut oleh Tim PPID UB yang dipimpin oleh ibu Zulfaidah Penata Gama, S.Si., M.Si., Ph.D.
Sesi sharing dimulai oleh ibu Zulfaidah Penata Gama, S.Si., M.Si., Ph.D. selaku koordinator PPID UB Pelaksana Pembantu. Melalui persentasi, beliau memaparkan bagaimana alur permohonan informasi, sistem pelayanan informasi, serta inovasi yang dimiliki UB untuk memaksimalkan pelayanan informasi publik. Banyak hal yang bisa diterapkan dan diadaptasi untuk meningkatkan pelayanan informasi di ISBI Bandung. Dari sesi sharing tersebut, beberapa pertanyaan dari Tim Kerja Sama dan Humas yang berkaitan dengan kendala pelayanan informasi di ISBI Bandung dapat terjawab dengan jawaban yang solutif dan inovatif.
Tim Kerja Sama dan Humas ISBI Bandung juga diberikan kesempatan untuk melihat ruang pelayanan informasi UB yang Bernama Ruang Pinter yang merupakan singkatan dari ‘Pelayanan Informasi Terpadu’. Ruang Pinter merupakan ruangan pusat pelayanan informasi UB yang disediakan untuk pemohon informasi untuk meminta informasi, keberatan informasi, pengaduan, serta pelayanan informasi lainnya.
Hari ke dua, kunjungan berlanjut ke Universitas Negeri Malang. ISBI Bandung disambut oleh Tim PPID UM yang sedang berada di ruang pelayanan informasi UM. Tidak berbeda dengan kunjungan sebelumnya, kunjungan ke UM juga membahas bagaimana pelayanan informasi di UM. Melalui diskusi yang intens, Tim Kerja Sama dan Humas dan Tim Humas UM banyak membahas tentang bagaimana kedua tim menjalankan sosial media sebagai media informasi. Tim Kerja Sama dan Humas ISBI Bandung juga diberi kesempatan untuk melihat ruangan merchandise yang bernuansa khas Maskot UM. Ada banyak proses bertukar informasi yang sangat bermanfaat baik bagi ISBI Bandung maupun UM.
Tidak ada kata cukup dalam belajar, Tim Kerja Sama dan Humas akan senantiasa terus mengembangkan diri untuk membawa banyak perubahan untuk ISBI Bandung. Tentu saja dengan dukungan dari pimpinan dan seluruh sivitas akademika, Tim Kerja Sama dan Humas akan terus belajar dan berkembang, untuk ISBI Bandung yang lebih baik.