Pengumuman

Lima Bakal Calon Rektor Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung telah memaparkan Visi, Misi dan Program Kerja pada Sidang Senat Terbuka yang dipimpin langsung oleh Ketua Senat ISBI Bandung Prof. Dr. Anis Sujana, SST., M.Hum. bersama Sekretaris Senat Dr. Wanda Listiani, S.Sos., M.Ds dan 15 orang anggota senat lainnya. Kegiatan ini digelar pada Senin yang lalu (18/07/2022) diselenggarakan secara hybrid baik luring bertempat di Ruang Sidang Lt.3 Gedung Rektorat Kampus ISBI Bandung maupun daring melalui zoom meeting yang dapat disaksikan oleh seluruh sivitas akademika ISBI Bandung. Sidang senat terbuka ini merupakan bagian dari tahapan pemilihan rektor ISBI Bandung Periode 2022-2026 yang terdiri dari 2 sesi yakni sesi pemaparan visi, misi dan program kerja Bakal Calon Rektor dan sesi tanya jawab dengan panelis.

Pada kesempatan ini, Panitia Pemilihan Rektor ISBI Bandung mengundang tujuh orang panelis yaitu:

1. Perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi: Dr. Lukman, S.T., M.Hum. (Direktur Kelembagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi)
2. Perwakilan Akademisi: Prof. Dr. H. Bambang Qomaruzzaman, M.Ag.
3. Perwakilan Dosen Fakultas Seni Pertunjukan: Dr. Lili Suparli, S.Sn., M.Sn.     
4. Perwakilan Dosen Fakultas Seni Rupa Dan Desain: Dr. Mohamad Zaini Alif, M.Ds.   
5. Perwakilan Dosen Fakultas Budaya Dan Media: Dr. Enok Wartika, S.Sos., M.Si.
6. Perwakilan Tenaga Kependidikan: Dede Priana, S.Sn., M.Si (Ka. Biro Akademik dan Umum)
7. Perwakilan Mahasiswa: Putri Maghfiro (Sekretaris Badan Eksekutif Mahasiswa ISBI Bandung)
Selain itu, sidang senat terbuka juga dihadiri oleh Bapak Suwito, S.E, analis kepegawaian Ahli Madya, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi.

Para Bakal Calon Rektor melakukan pemaparan sesuai dengan urutan yang telah didapatkan dari hasil kocokan nomor urut sebelum kegiatan dimulai yang disaksikan oleh Ketua dan Sekretaris Panitia Pemilihan Rektor ISBI Bandung yakni :

    

1. Dr. Tatang Abdulah, S.Sn., M.Hum. mengusung visi ISBI Bandung menjadi Kampus yang Terbuka dalam Membangun Pengembangan Ilmu Seni dan Budaya, baik Dalam Negeri maupun Luar Negeri;
2. Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum. mengusung ISBI Bandung Berperan Aktif dalam Pemajuan Kebudayaan melalui Tridarma Perguruan Tinggi;
3. Dr. Husen Hendriyana, S.Sn., M.Ds. mengusungkan visi Menjadikan ISBI Bandung Unggul dalam Konteks Seni Budaya dan Akademik Keilmuan Seni yang Adaptif di Tingkat Lokal, Nasional maupun International;
4. Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sn. mengusung visi AKU DARI BUBAT (Akar KUat DAun RImbun BUah leBat) menciptakan ISBI Bandung Berjati Diri, Dinamis, dan Humanis dengan Motto: IKHLAS (Intelektual Kompeten Harmonis Loyalitas Adaptif Sukses) Menuju Pemimpin Pinunjul ISBI Bandung Unggul;
5. Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn. mengusung visi Menjadikan ISBI Bandung sebagai Perguruan Tinggi Seni Unggul dalam Skala ASEAN pada Tahun 2026, yang Dilandasi dengan One Team, One Vision, dan One Goal.

 
Selanjutnya sesi tanya jawab antara bakal calon rektor dengan panelis. Pada sesi ini, setiap panelis berhak mengajukan pertanyaan yang kemudian dijawab oleh lima bakal calon rektor dalam kurun waktu total 20 menit untuk setiap pertanyaan. Sidang senat terbuka pun berakhir dengan ditandai selesainya tanya jawab antara bakal calon rektor dengan panelis dan ditutup oleh Ketua Senat. Kegiatan dilanjutkan dengan Sidang Tertutup Senat Akademik dengan agenda para anggota senat menggunakan hak pilihnya untuk memilih para bakal calon rektor dengan sistem One Man, One Vote dengan total jumlah suara sebanyak 17 suara.  Dari suara yang masuk, kemudian diakumulasikan untuk memilih tiga calon rektor dengan suara terbanyak.

  

  

Berdasarkan berita acara Sidang Tertutup Senat Akademik ISBI Bandung Nomor 2759/IT8.Senat/RT.00.00/2022 Tanggal 18 Juli 2022 perhitungan suara yang dihadiri Ketua Senat, Sekretaris Senat, Ketua Komisi, Anggota Senat, Ketua Panitia Pemilihan Rektor dan Anggota Panitia sebagai berikut :

 

No.

Nama

Jumlah Suara

1.

Dr. Husen Hendriyana, S.Sn., M.Ds.

3

2.

Dr. Lilis Sumiati, S.Sen., M.Sn.

4

3.

Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sn.

5

4.

Dr. Retno Dwimarwati, S.Sen., M.Hum.

5

5.

Dr. Tatang Abdullah, S.Sn., M.Hum

-

 

Total

17

Rasa syukur pun diungkapkan oleh Ketua Panitia Pilrek Iip Sarip Hidayana, S.Sn., M.Sn.

“Alhamdulillah berucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT bahwa rangkaian tahapan penyelenggaraan penjaringan, penyaringan pemilihan rektor ISBI Bandung periode 2022-2026 berjalan sebagai mana mestinya,” ucapnya.



Ketiga bakal calon rektor yang mendapatkan suara terbanyak lanjut ke tahap Uji Psikometri yang dilaksanakan pada Jumat kemarin (22/07/22) di Gedung Rektorat Kampus ISBI Bandung.


 


Pada tes ini dilakukan beberapa pemeriksaan, diantaranya ialah Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), Millon Clinical Multiaxial Inventory (MCMI), dan Edward's Personal Preference Schedule (EPPS).

“Uji psikometri ini berfungsi untuk bagaimana melihat kompetensi dan kematangan psikologis yang dimiliki oleh setiap calon rektor sehingga mereka bisa menjadi pemimpin yang baik yang dapat dilihat dari faktor kognitif, emosional, kemampuan berelasi secara sosial dengan tim maupun dengan mahasiswa dan memiliki daya juang dan pemikiran yang lebih kompleks membawa ISBI Bandung ke arah yang lebih baik”, jelas Elvine Gunawan, dr., Sp.KJ sebagai salah satu tim pelaksana dari Klinik Pratama & Utama Layanan Kesehatan UNPAD.

“Mengikuti tes psikometri ini sangat penting dalam pemilihan rektor, kita dikasih berbagai persoalan yang harus diisi dalam waktu yang cukup singkat sehingga membutuhkan keseriusan, kefokusan dan kesungguhan saat mengisinya,” ujar Ibu Sri.

Ibu Lilis juga menyebutkan bahwa seorang pemimpin harus diseleksi dalam segala hal, bukan hanya secara keilmuan tetapi secara psikologis juga penting.

“Seorang pemimpin harus tangguh dalam pemikiran, dalam memberi kebijakan, dalam segala hal sehingga dapat lebih mengembangkan lembaga ke depannya,” ungkap Ibu Lilis.

Kemudian Ibu Retno menyampaikan siapapun nanti yang akan terpilih dari tiga calon rektor ini harus menyiapkan diri untuk jadi pemimpin yang dapat memberikan hal terbaik untuk Lembaga ini serta meneruskan perjuangan pemimpin sebelumnya.

“Apapun sekarang, kita menghormati teman-teman yang sudah berjuang sebelumnya, dan kita juga berusaha untuk meneruskan perjuangannya, dan mudah-mudahan bisa jauh lebih baik,” harapan Ibu Retno.

Tes yang diketuai oleh Teddy Hidayat, dr., Sp.KJ ini berlangsung selama 2 jam 30 menit hingga 3 jam dan untuk mendapatkan hasil tes tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 4 hari kerja.

“Hasil dari tes ini akan disampaikan oleh Tim Psikiatri Klinik UPT UNPAD pada hari Rabu tanggal 27 Juli 2022 dan selanjutnya juga akan kita sampaikan ke Kemdikbudristek.” ujar Pak Iip.

Sebelum tahap akhir pilrek yakni penetapan calon rektor terpilih menjadi rektor ISBI Bandung periode 2022-2026, akan dilakukan wawancara terlebih dahulu oleh Kemdikbudristek terhadap para calon rektor yang akan diselenggarakan secara daring.

Pencarian

Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana dibidang Seni dan Budaya.

Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265
Telp. (022)-7314982, 7315435; Fax. (022) - 7303021
Laman http://www.isbi.ac.id ; Email isbi@isbi.ac.id 

 

Pascasarjana


Fakultas Seni Pertunjukan

  • Seni Tari
  • Seni Karawitan
  • Seni Teater
  • Seni Angklung dan Musik Bambu
  • Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Design

  • Seni Rupa Murni
  • Kriya Seni
  • Rias dan Busana

Fakultas Budaya dan Media

  • Antropologi Budaya
  • Film dan Televisi

Lembaga


Unit Pelaksana Teknis

  • UPT Perpustakaan
  • UPT Teknologi Informasi
  • UPT Ajang Gelar dan Busana Pertunjukan
  • UPT Kantor Urusan Internasional

Biro Akademik dan Umum

  • Bag. Akademik dan Kemahasiswaan
    • Subbag. Akademik
    • Subbag. Kemahasiswaan
  • Bag. Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat
    • Subbag. Perencanaan
    • Subbag. Kerja sama dan Hubungan Masyarakat
  • Bagian Umum dan Keuangan
    • Subbag. Keuangan
    • Subbag. Tata Usaha, Hukum dan Kepegawaian
    • Subbag. Rumah Tangga dan Barang Milik Negara